top of page
  • Writer's pictureThink Bride Team

Intimate Wedding 101-Pt. 1:Venue in Jakarta

1. PLATARAN DHARMAWANGSA (@platarandining)


Konsep: Plataran Dharmawangsa adalah salah satu restoran Indonesia yang mengusung konsep tradisional Jawa. Tidak heran adanya dinding gebyok di dalam bangunan joglo dengan sentuhan candelier era kolonial pun menjadi trademark tempat ini. Ada pelataran yang ditanami rumput dan tanaman juga kursi-kursi kayu bernuansa jawa menambah suasana rumah adat Jawa semakin kental.



Lokasi: Jl. Dharmawangsa Raya No.6, RT.4/RW.2, Pulo, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160 (Telp. 021 29044167)


Kapasitas: Think Bride merekomendasikan tempat ini bagi Bride/Groom-to-be yang menginginkan pernikahan adat Jawa yang intimate, karena kapasitas venue ini maksimal untuk 300 kepala saja. Terdapat 4 area di venue ini:

- Sedap Malam Room( capacity of 80 people with restaurant style set up without buffet set up), ini adalah ruang utama restoran ini dimana terdapat dinding gebyok dan lampu chandelier raksasa dan piano.

- Melati Room (capacity of 36 people with restaurant style set up without buffet set up)

- Kenanga Room (capacity of 18 people with restaurant style set up without buffet set up)

- Kantil Room (capacity of 44 people with restaurant style set up without buffet set up)


Lahan parkir: sesuai kapasitas tamu saja namun mereka menyediakan valet parking untuk tamu.


Availability: penyewaan 4 jam.


Estimasi harga: 170.000.000++/ 300 pax


2. PLATARAN MENTENG (@platarandining)


Konsep: Jika Plataran Dharmawangsa mengusung konsep tradisional jawa, Plataran Menteng menawarkan konsep jawa kolonial yang sangat kental. Pintu-pintu kayu berukir, chandelier gantung dan perabot yang bertema jawa di masa kolonial membuatnya sangat menarik untuk dikunjungi. Penataan cahaya yang warm juga menjadi aksen tersendiri untuk tema yang diusung.


Lokasi: Jl. HOS. Cokroaminoto No.42, RT.6/RW.4, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350 (Telp. 021 - 29627771)


Kapasitas: Plataran Menteng terbagi menjadi beberapa ruangan:

- Lantai 1 terdapat 6 ruangan yang masing-masing memiliki 6-50 tempat duduk, jika menyewa seluruh lantai 1 maka total kapasitas menjadi 100 pax seating party dan 200 pax standing party. Waktu pemakaian adalah 6 jam.

- Lantai 2 terdapat 9 ruangan yang masing-masing memiliki 6-50 tempat duduk, jika menyewa seluruh lantai 2 maka total kapasitas menjadi 150 pax seating party dan 200 pax standing party. Waktu pemakaian adalah 6 jam.

- Lantai 3 terdapat 2 ruangan yang masing-masing memiliki 15-40 tempat duduk, jika menyewa seluruh lantai 2 maka total kapasitas menjadi 40 pax seating party dan 70 pax standing party. Waktu pemakaian adalah 6 jam.

Untuk menyewa seluruh ruangan di venue ini, total kapasitas menjadi 500 pax standing party.


Lahan parkir: lahan parkirnya terbatas namun pihak restauran menawarkan valet parking.


Availability: penyewaan 6 jam.


Estimasi harga: Rp 250.000.000++/ 500 pax


3. KEMBANG GOELA (@kembanggoela.pakisculinary)


Konsep: Plataran Menteng tidak menjadi satu-satunya venue bertema kolonial, Kembang Goela pun mengusung konsep yang sama namun dengan ambience yang sedikit berbeda, yaitu penggabungan konsep kolonial dan modern minimalis. Beberapa barang antik juga bisa ditemui di venue ini seperti foto-foto Sultan dan Sunan Jawa sehingga rasa 'kuno'nya cukup kental.



Lokasi: Parking Lot Plaza Sentral, Jl. Jend. Sudirman Kav. 47-48, DKI Jakarta


Kapasitas: terdapat 5 ruangan yang berbeda:

- Ruang Kembang Sepatu, Cempaka, Bakung dan Ruang Melati (120 pax untuk seating party, 375 pax untuk standing party)

- Sedap malam (80 pax untuk seating party, 125 pax untuk standing party)

Kembang Goela juga dapat disewa untuk keseluruhan venue dengan total kapasitas 500 pax untuk standing party dan 200 pax untuk seating party, pilihan penyewaan juga sangat fleksibel, dibagi menjadi full day dan half day.


Lahan parkir: terdapat lahan parkir milik restauran, namun tamu juga diperbolehkan parkir di gedung kantor yang memang satu komplek dengan restauran ini.


Availability: waktu penyewaan bisa untuk half day (6 jam) atau satu hari penuh. booking sehari penuh dengan minimum revenue 150jt saja. Jika half day kalo tidak salah 75jt.


Estimasi harga: Rp. 150.000.000/ 500 pax untuk full day.


4. SERIBU RASA (@seriburasa_id)


Konsep: Seribu Rasa mengusung tema peranakan dan merupakan restauran dengan konsep makanan Indonesia bercampur dengan pengaruh kuliner Asia Tenggara. Venue ini terasa 'homey' dengan adanya taman air di depan restauran, ruang utama restauran yang terkesan seperti ruang makan keluarga dengan gorden dan lampu-lampu gantung dan pencahayaan yang membuat nyaman, kursi -kursi kayu dengan vas kecil di tengah meja ditata sedemikian rupa sehingga membuat rasa 'intimate' semakin kental.

Lokasi: Parking Lot Plaza Sentral, Jl. Jend. Sudirman Kav. 47-48, DKI Jakarta


Kapasitas: 300 pax standing party.

Lahan parkir: lahan parkirnya terbatas namun pihak restauran menawarkan valet parking.


Availability: waktu penyewaan bisa 4 jam.


Estimasi harga: Rp 130.000.000++/300 pax.


Baru-baru ini Seribu rasa membuka cabang di Jakarta Selatan yaitu daerah Gunawarman, yang juga bisa dijadikan venue acara pernikahan. Untuk lebih detilnya tunggu di artikel kami selanjutnya ya!


5. TUGU KUNTSKRING PALEIS (@kuntskring)

Konsep: secara arsitektur, bangunan Tugu Kuntskring ini merupakan percampuran kolonial, peranakan dan cenderung kental dengan gaya jawa. Terdapat gebyok di beberapa spot, lampu-lampu kolonial, dan ornamen antik Belanda lainnya. Ambience lighting-nya lebih ke temaram dan menonjolkan warna kayu yang mendominasi venue. Terdapat 2 lantai yang bisa digunakan dimana lantai 1 suasananya lebih ke peranakan-Jawa-Belanda sementara lantai 2 terdapat ornamen-ornamen sumatera seperti songket padang.



Lokasi: Jl. Teuku Umar No.1, Menteng, DKI Jakarta (dekat stasiun Gambir).


Kapasitas: Tugu Kuntskring memiliki beberapa ruangan yang disewakan. Lantai 1 ruangan utama bisa menampung 88pax/kepala dengan konsep sitting dinner, sebelahnya adalah ruangan utama dengan daya tampung 40pax. Sementara lantai 2 bisa menampung 88 pax dengan sitting dinner. Jika tamu kamu mencapai 300 pax, disarankan mengmabil konsep standing ketimbang sitting dinner sehingga 2 lantai tersebut bisa menampung hingga 300 pax.


Lahan parkir: Maksimal kapasitas di dalam venue adalah 6 mobil, namun mereka menyediakan valet parking untuk kelebihannya.


Availability: bisa sewa pagi ke siang atau sore ke malam.


Estimasi harga: Rp 130.000.000++ (half day) - 250.000.000++ (full day)/ 300 pax.


6. BUNGA RAMPAI (@bungarampai.pakisculinary)


Konsep: Bunga Rampai memiliki arsitektur bergaya eropa, dengan aksen seperti chandelier gantung dan art installment seperti patung yang bergaya eropa pula. Terdapat glass-house di lantai 3 dengan tanaman pakis dan pencahayaan natural. Terdapat pula sentuhan budaya Indonesia seperti lemari Palembang di beberapa tempat, namun dominasi gaya interiornya condong ke arah eropa, termasuk perabotan makannya.

Lokasi: Jl. Teuku Cik Ditiro No.35, RT.10/RW.5, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310 (021 - 31926224)


Kapasitas: venue ini memiliki 2 lantai dengan kapasitas berbeda:

- Lantai 1 dengan kapasitas 100 pax seating party dan 150 pax standing party.

- Lantai 2 dengan kapasitas 60 pax seating party dan 100 pax standing party.

- Lantai 3 dengan kapasitas 40-50 seating party dan 100 pax standing party.

Jika menyewa satu venue, total kapasitas menjadi 450 standing party.


Lahan parkir: lahan parkirnya terbatas namun pihak restauran menawarkan valet parking.


Availability: penyewaan 4 jam.


Estimasi harga: Rp 105.000.000++ (half day) - 210.000.000++ (full day)


7. TAMAN KAJOE (@tamankajoe)


Konsep: Taman Kajoe adalah sebuah function hall yang biasa digunakan untuk event-event gathering dan baru-baru ini membuka kesempatan untuk para pasangan yang ingin menikah dengan konsep indoor-outdoor intimate garden party. Taman Kajoe pun telah menyediakan rekanan catering, dekorasi, fotografi dan entertainment. Taman Kajoe adalah satu-satunya venue dalam list Think Bride ini yang menyediakan rekanan vendor karena venue ini pada dasarnya adalah sebuah function hall.


Lokasi: Jalan Melati No.57-58, Cilandak Timur, Pasar Minggu, RT.4/RW.2, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560


Kapasitas: venue ini memiliki 2 area yang bisa disewa yaitu area indoor untuk kapasitas 100 pax dan area taman untuk 400 pax.


Lahan parkir: lahan parkirnya terbatas namun pihak restauran menawarkan valet parking.


Availability: penyewaan 7 jam.


Estimasi harga: Rp 37.000.000++ (7 hours, additional time chargeRp 1.000.000,00/hour).


Informasi rekanan:

- Catering

Al's Catering, Dasa Catering, Mutiara Garuda Catering, Asri Indo Catering, Patra Catering, Puspa Catering

- Dekorasi

Rumah Kampung, Jumah Cenik, Lava Gold, Alexa Decoration, Bantu Dekor, Fun Factor Decoration

- Fotografi

Matakita, Delucce Wedding, The Potomoto, Imaginart Photography

- Entertainment

Suara Entertainment, La Oficio, Bramakustik, Gufe's Entertainment


Charge non-rekanan:

Catering 20% dari total harga

Dekorasi 20% dari total harga

Fotografi charge non-rekanan Rp 500.000,00

Entertainment chargge non-rekanan Rp 500.000,00


Itu adalah beberapa venue yang bisa kamu pakai untuk acara pernikahan kamu yang bersifat intimate. Venue yang cantik dan mendukung akan sangat membantu kamu dalam mengonsep acara kamu. Sesungguhnya masih banyak venue menarik lainnya, tunggu di artikel kami selanjutnya ya!


Bingung memilih venue dan konsep pernikahan kamu? Contact us for more info!

3,265 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page